Mengembangkan
Berpikir Kreatif Matematis
Judul Jurnal : Berpikir Kreatif Matematis, Itu Perlu !
Nama Penulis : Maulana, M.Pd
Nama Penerbit : Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
Jumlah Halaman : 5 halaman
Jurnal ini lahir dari hasil karya bapak Maulana M.Pd. yang merupakan
salah satu dosen muda di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah
Sumedang yang memliki keahlian dalam bidang matematika. Jurnal ini merupakan
salah satu jurnal yang diterbitkan oleh UPI kampus sumedang dalam “Jurnal
Pendidikan Dasar”.
Terbitnya Jurnal ini juga tidak
terlepas dari kepedulian penulis terhadap
keterampilan berfikir kreatif matematis peserta didik yang masih cenderung
kurang dalam pembelajaran ataupun kehidupan sehari-hari. Karena proses berpikir
juga merupakan suatu kegiatan mental untuk membangun dan memperoleh pengetahuan.
Penulis berpendapat bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat
dikembangkan dengan memperkaya pengalaman yang bermakna melalui persoalan
pemecahan masalah.
Dengan
Jurnal ini penulis sepertinya ingin membuka mata para pembaca untuk kembali meningkatkan
kembali kemampuan berpikir matematisnya, karena dengan berpikir kreatif maka pembaca
akan mengenal adanya suatu masalah atau mengabaikan fakta yang kurang sesuai
untuk mengenal masalah yang sebenarnya. Selian itu, pembaca juga akan memiliki
kemapuan membangun banyak ide secara mudah sehingga makin banyak peluang untuk mendptkan ide yang bagus.
Berpikir matematis juga mengacu pada kemampuan membangun ide beragam untuk
memecahakan suatu masalah serta mendapatkan kemampuan untuk mengahsilakan ide
yang tidak umum dan atau luar biasa.
Penulis
sebagai dosen matematika tentunya memiliki konsep yang baik mengenai berpikir
matematis yang efektif dalam pembelajaran. Penulis mengetahui bahwa dewasa ini berpikir
matematis harus lebih dikembangkan agar pembelajran nantinya akan menjadi lebih
efektif.
Jurnal
ini terdiri dari tiga bagian yaitu awal, tengah dan akhir. Pada bagian awal
Jurnal penulis mengungkapkan beberapa pendapat mengenai definisi kreativias
dari beberapa ahli. Kemudian penulis menjelakan mengenai tentang berpikir
divergen yang dikemukakan oleh Guildford yang merupakan landasan atau komponen
yang sangat penting dalam berpikir matematis. Pada bagian selanjutnya penulis
menjelaskan mengenai ciri-ciri berpikir kreatif matematis menurut salah seorang
ahli. Ciri-ciri bepikir kreatif itu seniri antaralain keterampilan berpikir
lancar, keterampilan berpikir luwes, keterampilan berpikir orisinil dan
keterampilan memperinci.
Pada
bagian selanjutnya penulis menjelaskan mengenai kemampuan berpikir matematis
dan menjelaskan aspek-aspek apa saja yang meliputi aspek kreatif khususnya
berpikir kreatif matematis tingkat tinggi. Di bagian ini juga penulis
menyertakan beberapa soal untuk melatih kemampuan berpikir matematis pembaca.
Pada
bagian akhir penulis mengemukakan cara mengembangkan kemampuan bepikir kreatif.
Dalam bagian akhir ini dikemukakan beberapa aspek yang terdapat dalam berpikir
matematis seperti tahapan berpikir kretif matematis, komponen berpikir kreatif
matematis, tantangan dalam berpikir kreatif dan langkah-langkah yang dilakukan
untuk menjadi orang berpikir kreatif matematis.
Penulis
menyajikan tulisannya secara berimbang karena selain mengajukan persoalan
mengenai berpikir kreatif matematis , penulis juga mengajukan solusi yang
dibutuhkan untuk menyelesaikannya.
Dengan
gaya penulisan yang santai penulis lebih mudah membuka wawasan pembaca, namun
masih ada beberapa kata yang mungkin agak susah dimengerti seperti kata-kata
dari bahasa asing.
Secara
garis besar Jurnal ini sangatlah bagus namun masih ada beberapa kekurangan
diantaranya dalam hal konten yaitu dalam hal kesimpulan. Kesimpulan yang
diberikan masih kurang jelas bagi pembaca. Selain itu ada beberapa istilah
asing yang kurang dimengerti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar